[ KESEHATAN ] MEDITASI SEBAGAI PEMBEBASAN DIRI

blog untuk belajar seo dan blog
[ KESEHATAN ] MEDITASI SEBAGAI PEMBEBASAN DIRI


Sudah banyak buku yang mengupas tema tentang diri dengan pendekatan intelektual seperti buku-buku psikologi, filsafat, teologi, atau spiritual. Tetapi pendekatan intelektual tidak cukup membuat kita memahami siapa atau apa sesungguhnya diri. Pendekatan intelektual juga tidak membuat kita terbebaskan secara fundamental dari berbagai persoalan kejiwaan yang kita alami.

Kalau kita menanggalkan pendekatan intelektual dan memahami persoalan-persoalan kejiwaan kita secara aktual dalam keheningan meditasi, maka kita menghadapi diri ini secara langsung. Entitas yang disebut si pemikir, si aku, ego, atau diri tidak lebih sebagai ciptaan pikiran dan si pemikir itu sesungguhnya tidak berbeda dari pikiran. Ketika pikiran berhenti, batin berada dalam keheningan meditasi, kekosongan, suwung, maka terlihat secara aktual bahwa si aku atau diri itu sesungguhnya tidak nyata. Ketika pikiran mulai bergerak lagi, pikiran menciptakan si aku atau diri.

barang tentu bukanlah salah satu dari sekian banyak meditasi yang menggunakan teknik atau metode. Meditasi ini tidak memiliki teknik atau metode tertentu. Tidak ada tujuan yang ingin dicapai selain praktek kesadaran penuh dari saat ke saat dalam waktu yang lama. Praktik meditasi ini tidak membutuhkan waktu atau ruang khusus. Juga tidak diperlukan guru atau pendamping yang harus hadir terus-menerus. Orang perlu mempraktikkan sendiri bagaimana membiarkan atau menjaga kesadaran pasif itu bekerja dalam batinnya, dan belajar memahami segala sesuatu dari batin yang suwung.

blog untuk belajar seo dan blog

0 comments