[ TEKNOLOGI ] BELAJAR SQL UNTUK PEMULA

blog untuk belajar seo dan blog
[ TEKNOLOGI ] BELAJAR SQL UNTUK PEMULA

Database merupakan salah satu komponen yang penting dalam sistem informasi, karena merupakan basis dalam menyediakan informasi bagi para pemakai. Database terdiri dari data yang akan digunakan atau diperuntukkan terhadap banyak user, dari masing-masing user akan menggunakan data tersebut sesuai dengan tugas dan fungsinya. Sistem basis data atau database sangat penting dalam kehidupan dan pada zaman modern yang sekarang ini karena database merupakan landasan bagi pembuatan dan pengembangan program aplikasi. Oleh sebab itu, database harus dibuat sedemikian rupa sehingga pembuatan program lebih mudah dan cepat. Tidak harus memerlukan tenaga ahli cukup kita sendiri otak dari semuanya (berdasarkan model apa saya yang ingin dibuat) felksibel sehingga tidak perlu membayar tenaga ahli.

Dilihat dari pendidikan (PTIK), database merupakan salah satu komponen yang penting dalam sistem informasi, karena merupakan basis dalam menyediakan informasi bagi para pemakai yang diperuntukkan oleh banyak pengguna (user) yang masing-masing user akan menggunakan data tersebut sesuai dengan tugas dan fungsinya. Jadi, mau apapun bidang dan ruang lingkupnya seperti ekonomi, manajemen, dan psikologi pastilah membutuhkan database ini yang dirasakan sangat bermanfaat. Sebagai contoh, jika dalam bidang psikologi dapat mencari nama mahasiswa psikologi dari nomor NPM dan dapat mencari mata kuliah dari nomor kode mata kuliah. Sehingga, para pengguna pun dengan mudah dan cepat dalam mencari informasi tersebut dan tanpa database, seseorang akan beresiko kehilangan data yang dibutuhkan, data yang tidak konsisten, proses update yang lambat dan lain-lain dan pemahaman yang kuat terhadap konsep basis data akan menghindari kerancuan, kebingungan, dalam menerima teknologi baru yang berkembang dengan pesat dan semakin cepat.

Mempelajari teori dan konsep basis data akan memberikan kerangka kerja dan berfikir sehingga mampu menyederhanakan suatu persoalan kompleks menuju penyelesaian yang efektif dan efisien. Selain itu, pada era sekarang ini sangat dibutuhkan orang-orang yang ahli di bidang basis data, karena sesuai kebutuhan dan dorongan dari perkembangan zaman yang ada sekarang ini, agar semua proses yang selama ini berjalan sangat lambat bisa berjalan dengan cepat yang di bantu oleh teknologi dari informasi sistem basis data yang sudah berkembang di era sekarang ini. Selama ini banyak orang yang tidak tahu tentang ilmu basis data ini. Namun, banyak dari mereka yang belum menemukan wadah untuk mempelajari ilmu-ilmu dari basis data tersebut.


blog untuk belajar seo dan blog

0 comments