[IMAM AL BUKHARI] ENSIKLOPEDI HADISTS-HADIST ADAB

blog untuk belajar seo dan blog
[IMAM AL BUKHARI] ENSIKLOPEDI HADISTS-HADIST ADAB


Biografi Singkat tmam al-Bukhari
Nama beliau adalah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin al- Mughirah bin Bazdizabah -ada yang mengatakan Bardizabah- bin al- Ahnaf al-Ja'fiy, Abu Abdillah bin Abu al-Hasan al-Bukhari al-Hafizh, penulis kitab 'ash-Shahih.' Beliau adalah pakar di bidangnya, pendapat beliau diikuti, dan kitab beliau sangat diperhitungkan di kalangan umat Islam.

Imam al-Bukhari sering bepergian untuk mencari hadits ke semua ahli hadits yang tinggal di kota-kota besar, beliau juga mencari hadits ke Khurasan dan al-Jabal, serta seluruh kota di negeri Irak, Hijza, Syam, dan Mesir.

Imam Bakr bin Munir mengatakan: "Aku mendengar Abu al-Hasan bin al-Husain al-Bazzar tentang al-Bukhari, dia mengatakan: 'Aku tahu, Muhammad bin Ismail bin Ibrahim (al-Bukhari) adalah seorang syaikh yang bertubuh kurus, tidak pendek dan tidak pula tinggi (sedang), lahir pada hari Jum'atsetelah shalatJum'at, pada hari ke-13 dari bulan Syawal tahun 194H., wafat pada hari Sabtu, ketika shalat Isya', pada malam hari Raya Iedul Fitri, dimakamkan pada hari Raya ledul Fibi, pada tahun 256 H. Beliau hidup selama 62 tahun kurang 13 hari.

blog untuk belajar seo dan blog

0 comments