[ TIPS ] MEMENANGKAN WAWANCARA KERJA

blog untuk belajar seo dan blog
[ TIPS ] MEMENANGKAN WAWANCARA KERJA



Pentingnya Wawancara Kerja dalam Proses Rekrutmen
MENGAPA WAWANCARA KERJA BEGITU PENTING? Silakan Anda amati dalam setiap proses rekrutmen, baik itu di perusahaan atau lembaga swasta maupun pemerintahan. Proses interview atau wawancara selalu dilaksanakan setelah fase tes tertulis. Dan tentu saja yang berhak mengikuti proses interview hanyalah peserta yang lulus dalam tes-tes sebelumnya. Ini menunjukan betapa pentingnya wawancara kerja dalam proses rekrutmen, bahkan mungkin mengatasi tes tertulis dan tes lainnya.

Maka tidak heran jika ada suatu perusahaan yang bahkan tidak menguji calon karyawannya secara tertulis tapi hanya mewawancarainya saja. Wawancara kerja merupakan percakapan formal dan mendalam yang dilakukan dengan sebuah tujuan mengevaluasi hal dapat atau tidak diterimanya (acceptability) seorang pelamar.

Secara sederhana, pewawancara akan mengorek jawaban dari dua pertanyaan yang paling esensial: Dapatkah pelamar melaksanakan pekerjaannya kelak? Lalu, bagaimana kemampuan pelamar dibandingkan dengan pelamar lainnya?

Dalam proses rekrutmen, wawancara kerja mempunyai tingkat fleksibilitas tinggi, karena dapat diterapkan baik terhadap para calon karyawan manajerial ataupun operasional, berketerampilan tinggi atau rendah, maupun staf. Teknik ini juga memungkinkan pertukaran informasi dua arah :

pewawancara mempelajari pelamar, dan sebaliknya pelamar mempelajari perusahaan.
Secara singkat, wawancara adalah salah satu metode penggalian data atau informasi yang sangat penting dan relatif paling sering digunakan untuk mengukur kemampuan individu. Wawancara umumnya dilakukan secara tatap muka antara satu orang kandidat dengan satu orang pewawancara. Namun ada juga wawancara yang dilakukan dengan menghadirkan beberapa orang pewawancara secara bersamaan ataupun terpisah satu per satu (biasa disebut wawancara panel). Lamanya wawancara bervariasi, biasanya sekitar 20 menit hingga 1 jam, namun ada juga yang sangat singkat hanya dalam hitungan waktu 5 – 15 menit. Semuanya tergantung tujuan dan teknik wawancara yang digunakan.

blog untuk belajar seo dan blog

0 comments