[ BIOGRAFI ] USMAN BIN AFFAN

blog untuk belajar seo dan blog
[ BIOGRAFI ] USMAN BIN AFFAN

Tanda-tanda seseorang yang benar-benar mengenal Allah ialah: Pertama hatinya selalu dalam keadaan takut dan berharap, kedua lidahnya selalu memuji dan bersyukur, matanya selalu dalam keadaan malu dan basah oleh air mata, dan kehendaknya adalah meninggalkan dunia dan mencari ridho Allah.” – Usman bin Affan

Sebagai sahabat Rasulullah, Utsman tentu sangat paham bahwa: “ Dunia itu terlaknat dan segala yang terkandung didalamnya pun terlaknat, kecuali orang yang berdzikir kepada Allah, yang melakukan ketaatan kepadanya, seorang ‘alim ” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Pendiam, ya itulah salah satu karakter Utsman bin Affan, maka wajar jika Utsman bin Affan dikenal sebagai sahabat yang meriwayatkan hadis paling sedikit. Padahal Utsman bin Affan sendiri adalah sahabat bahkan menantu Nabi yang menikahi dua putri Nabi SAW, yakni Ruqayyah dan Ummu Kultsum.
Itulah mengapa Utsman dijuluki sebagai “ Dzun Nurain ” lelaki yang memiliki dua cahaya, dan ini menandakan bahwa sang Mertua (Rasulullah) percaya bahwa Utsman bin Affan adalah orang yang telah dipercaya dalam membimbing putri putri Beliau.
Dari sifat pendiam inilah mengantarkan beliau menghindari dialog yang mengundang perdebatan panjang ataupun berbicara pada hal yang hanya mengandung kesia-siaan. Maka tak heran jika selama hidupnya, Utsman bin Affan hanya berbicara pada sesuatu yang benar benar penting dan mengandung kemaslahatan.


blog untuk belajar seo dan blog

0 comments