[ BISNIS ] PANDUAN KONTRUKSI BIOGAS RUMAH

blog untuk belajar seo dan blog
[ BISNIS ] PANDUAN KONTRUKSI BIOGAS RUMAH

Instalasi pencernaan anaerobik biogas (reaktor) adalah bangunan yang dibuat di bawah tanah, tersusun dari semen, batu-bata/batu, pasir dan pipa serta peralatan untuk mengurai bahan organik menjadi biogas. Biogas yang dihasilkan adalah salah satu pilihan dari sumber bahan bakar konvensional yang ada.

Program Biogas Rumah (BIRU) menggunakan kotoran hewan (kohe) segar yang dicampur dengan air sebagai bahan baku utama untuk mendapatkan biogas. Biogas yang dihasilkan dapat dimanfaatkan untuk memasak dan penerangan listrik dalam skala rumah tangga. BIRU adalah sebuah program kerjasama antara Hivos dan SNV yang didanai oleh Pemerintah Kerajaan Belanda dan didukung oleh Kementrian Energi dan Sumberdaya Mineral Indonesia.

Kohe yang masih segar biasa juga disebut sebagai slurry. Kohe atau slurry yang sudah terfermentasi di dalam reaktor biogas akan mengalir keluar, menjadi material yang disebut sebagai bio-slurry, yang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik di kebun sayur dan ladang pertanian lain.

Keberhasilan dan efektivitas sebuah reaktor biogas sangat tergantung pada ketepatan rancangan, lokasi konstruksi yang sesuai dan kualitas pekerjaan konstruksi itu sendiri.


Pengenalan Kampung Peternakan dan Pengolahan Biogas Babakan Cinta

Video. Proses Produksi Biogas dan Pengenalan Kampung Biogas di Indonesia

Pemanfaatan Biogas Menjadi Energi Listrik


Video. Konversi Bahan Bakar Genset dari Bensin Menjadi Biogas


untuk panduan produksi, instalasi dan peralatan biogasnya tersedia disini silahkan akses, semoga bermanfaat 




blog untuk belajar seo dan blog

0 comments